Penyerapan DD Braja Sakti Selesai 100%

Ditulis : Rabu, 2018-01-24 - 09:06:41

Penyerapan DD Braja Sakti Selesai 100%

WAY JEPARA – Kepala Desa Braja Sakti, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur Edy Santoso menata dan membangun desa dengan menggunakan anggaran dana Desa Tahun2017 yang dianggarkan melalui anggaran APBN pusat melalui Pemkab Lamtim di atas pimpinan Bupati Chusnunia Chalim dan Wakil Bupati Zaiful Bokhari yang sangat dekat dengan masyarakat.

Bupati Lampung Timur mengimbau kepada Kepala Desa se-Kabupaten Lampung Timur agar supaya berhati-hati dalam melaksanakan program Dana Desa (DD) tahun Anggaran 2017 APBN Pusat. “Kerjakan sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sudah disusun melalui APBDes,” tegas Nunik Bupati Lamtim.

Nunik yakin kepada Kepala Desa dalam melaksanakan pembangunan desa melalui Dana Desa (DD) pasti mengutamakan mutu dan kualitasnya.

Lampung Timur dimulai dari kota sampai dengan pelosok desa, seperti Desa Braja Sakti semakin banyak kemajuan apalagi semenjak ada dana desa. “DD dengan program kegiatan pembangunan menggunakan alokasi Dana Desa yang dikelola oleh kepala desa sebagai penanggungjawab pengguna anggaran DD,” ucap Edy Santoso yang didampingi oleh Kasi PMD Kecamatan Way Jepara Benbela panggilan akrab kepada Radar Lamtim, Jumat (15/12/2017).

“Serta menguraikan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan secara partisipasif oleh masyarakat desa dan diawasi oleh ketua Badan Pengawasan Desa (BPD) serta anggotanya dan masyarakat sekitarnya dan dari tenaga tekhnik ahli (TA) dari kabupaten, pendamping desa ( PD ) dari kecamatan yakni Disman dan pendamping lokal desa (PLD) yakni Imam Makruf, dan juga babinkamtibmas yang bertugas di Polsek Way Jepara yang selalu turun langsung ke desa untuk mengawasi program kegiatan desa kami,” ucap Edy Santoso.

Ada pun bentuk kegiatan pembangunan yang menggunakan anggaran DD tahun 2017 yang dilaksanakan sesuai dengan tugas dan pungsinya (tupoksi) oleh Tim pelaksanaan kegiatan (TPK) Darkum Suhendar bertindak sebagai pelaksana pembangunan di Desa Braja Sakti membuat drainase sudah sesuai dengan volumenya dengan jumlah total dana sebesar Rp656.066.000 yang terletak di Dusun 01, 02, dan 03. Ditambah dengan membangun gorong-gorong plat berjumlah lima unit dengan volume panjang Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan volume panjang 180 meter terletak di Dusun 02 dan 04. Untuk pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dan pemberdayaan guru PAUD Rp164,017.000 sebagai koordinator dana desa (DD) untuk membuat SPJ sekretaris desa.

Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang ada di desa tersebut, tim pelaksanaan kegiatan (TPK) untuk membuat gorong-gorong plat, TPT, dan drinase semua tenaga kerja tukang yang mengerjakan bangunan tersebut di atas adalah masyarakat desa setempat dan selalu didampingi oleh pendamping lokal desa Imam Makruf yang selalu turun langsung ke desa untuk mengawasi program kegiatan pembangunan Dana Desa tersebut sehingga dapat dikerjakan selesai dengan baik.

Kepala desa juga menegaskan kepada tim pelaksana kegiatan Darkum Suhendar supaya bekerja sesuaikan dengan aturan UU dan sesuaikan dengan rencana RAB dan gambar yang sudah dibuat oleh desa sehingga mutu dan kualitas bangunannya. “Jadi baik dan juga bangunan yang dibuat oleh masyarakat desa yang menggunakan anggaran DD dengan pencairan tahap awal 60 persen tersebut sudah sesuai kata tim monitoring yang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas PU, dan tim tenaga tehknik ahli TA dari Kabupaten Lampung Timur,” ucap Edy Santoso.

Sekarang ini pihaknya sudah menyelesaikan pekerjaan dana desa tahun 2017 pencairan tahap kedua 40 persen sudah selesai semuanya dan bentuk pekerjaan drainase gorong-gorong dan TPT-nya sudah selesai 100 persen. “Jadi kami tunggu jadwal monitoring tahap kedua dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Dinas Pekerjan Umum dan Tenaga Ahli dari Kabupaten Lampung Timur,” pungkas Edy Santoso. (ris)

Dikutip dari:http://radarlamtimnews.com/2017/12/penyerapan-dd-braja-sakti-selesai-100/ (dengan perubahan yang diperlukan)

BRAJA SAKTI